Tuesday 25 July 2017

Geliat SEGILIMA

Hay gaes... tengkyu yaa udah visit ke blog saya. Ini pasti sudah pada pengen tau tentang apa itu Pasukan Segilima. Oke...
tapi sebelum itu kita ulas sejenak tentang SIGI dulu ya biar nggak bingung.


Jadi... apa itu SIGI? SIGI sendiri merupakan akronim dari Sahabat Indonesia Berbagi, adalah (saya jelaskan intinya saja ya) sebuah komunitas independent dimana tidak terikat dengan organisasi manapun yang bertujuan agar mampu memberikan manfaat bagi siapapun. Sebenarnya.... komunitas SIGI itu ada di banyak daerah seperti SIGI MEDAN, SIGI BANDUNG, dan yang akan lebih fokus dibahas disini mungkin lebih ke SIGI JABODETABEK.

Nah salah satu programnya adalah BCBS (berbagi Ceria Bersama Sigi). Dan dibawah naungan BCBS ini Segilima terbentuk. Adakah yang bertanya-tanya, "Kenapa sih dikasih nama SEGILIMA?", "Kenapa nggak Segienam atau Segidelapan?" dan bla bla bla... waiiiiittt SEGILIMA ini ada kepanjangannya kawan... yaitu singkatan dari "Semangat Berbagi Lincah Mandiri". Kegiatan Segilima lebih berfokus pada anak-anak dimana lebih menekankan pada pendidikan karakter melalui permainan ato kreatifitas yang edukatif. Hal ini sesuai dengan yeal-yeal Segilima yang kece dan bikin semangat anak-anak dimana anak-anakpun diarahkan agar menjadi pribadi yang lebih kreatif dan mandiri. Yeal-yeal ini jugalah yang menjadi alat ampuh ketika anak-anak mulai susah dikendalikan. Setiap kakak-kakaknya meneriakkan, "Anak Indonesia....???" Dengan semangat anak-anak akan menjawab, "Kreatiiiif...."
"Anak Indonesiaaa???"
"Prestasi..."
"Anak Indonesiaaaaa???",
"Juara!!!"
"Anak Indonesiaaaa?"
"Kreatif, Prestasi, Juaraaa !!!!".
"Pasukan Segilimaaa...???"
"Lincaaaah Mandiriiii...!!!"
Nah... Anak-anak inilah yang disebut "Pasukan Segilima".

          
2014

2017

Ada lagi nih yeal bagus seperti, "Tiga kata ajaib!!!" Adek-adek yang lucu ini akan menjawan "Maaf, tolong, dan terima kasih."



Kedatangan sulap kak Ipul
Oh iya... Segilima ini hadir hanya selama empat bulan setiap tahunnya dan lokasi kegiatannyapun berubah-ubah setiap tahunnya. Jadi setiap hari minggu selama empat bulan tersebut Segilima hanya berfokus pada satu tempat saja dan akan mencari target lokasi baru untuk kegiatan tahun berikutnya.

Dongeng dari kak Bonci
Pada setiap pertemuan.... Sigi selalu mengusung target tema yang berbeda. Untuk tema yang ditargetkan dalam empat bulan ini ada 12 tema yaitu tanggung jawab, kebebasan, kebahagiaan, kerja sama, persatuan, kedamaian, kejujuran, toleransi, kasih sayang, rendah hati, kesederhanaan, dan penghargaan. Dengan tema tersebut maka diharapkan anak-anak paham dan mampu mengaplikasikannya pada keseharian mereka.


Kelompok 2
Kelompok 1

Kelompok 3
Untuk alasan tertentu, Pasukan Segilima ini dibagi menjadi tiga kelompok sesuai gradenya. Kelompok satu adalah anak-abak dengan grade kelas 1 SD kebawah,kelompok dua terdiri dari kelas 2, 3, dan 4 SD, kelompok tiga adalah kelas 5 dan 6 SD. Nah bagaimana dengan kakak-kakaknya? Kakak-kakaknya juga dibagi menjadi 3 kelompok dan akan dirolling tiap bulannya untuk mendampingi kelompok yang mana. Misalkan bulan ini kelompok 1 handle adek-adek kelompok 3, bulan depan mereka akan pegang adek-adek dari kelompok 1.
Nah, tugas kakak disini adalah mencari ide kreatifitas dan game yang sesuai dengan tema dan diharuskan bisa menerapkan pada adek-adeknya.Disini, kakak-kakaknya juga harus bertanggung jawab memberi contoh dalam berperilaku sebagai panutan. 


Kembali lagi ke adek-adek Pasukan Segilima. Kita membuat absensi bersama setiap bulannya. Disitu point kehadiran bisa dihitung dari total bintang kuning yang mereka dapat dan reward mingguan dari bintang merah. Bintang merah ini mempunyai point yang lebih tinggi dari bintang kuning karena tidak semua anak mendapat bintang merah tersebut. Biasanya hanya ada satu atau dua orang anak dari masing-masing kelompok yang mendapat bintang merah. Bintang-bintang yang adek-adek dapat ini akan dikalkulasi di pertemuan terahir dan akan ada kejutan special buat mereka. Kakak-kakak  berharap bintang ini akan semakin memacu mereka untuk datang ke Sigi.



Kita ada sistem konsekuensi yang mendidik jika ada adek-adek yang melanggar rule seperti tidak ikut sholat berjama'ah, berkata kasar, buang sampah sembarangan, makan smabil berdiri, dll. Biasanya kita akan bersepakat dulu dengan adeknya. Contoh yang paling mudah selama beberapa tahun ini adalah hafalan surat pendek, membersihkan rusun (ketika kegiatan di daerah Cakung), menyanyi di depan teman-temannya, dll.

Untuk kegiatan sholat berjama'ah ini dilakukan ketika dzuhur setelah berkreatifitas karena kegiatan aktif mulai dari jam 10.00 - 14.00. Anak-anak wajib ikut sholat berjama'ah. Setelah sholat kita akan ada makan bersama.Kecuali kelompok satu (mereka antri mengambil makanan masing-masing), setiap kelompok harus ada perwakilan (bergantian setiap minggunya) dua orang untuk membantu kakaknya menyiapkan makanan dan perlengkapan makan untuk kelompoknya sesuai jumlah yang hadir. Setelah itu harus ada yang memimpin do'a. Setelah selesai makan semua wajib mencuci peralatan masing-masing. Baru setelah itu kita mulai lagi acara untuk game.
Haaa satu lagi.... Segilima itu tidak melulu hanya melakukan kegiatannya di lokasi utama lhoooo, tapi kadang juga mengadakan outing program untuk menunjang pengetahuan adek-adek Pasukan Segilima seperti ke Taman Honda, PP IPTEK, dll.


Kedatangan
dari
Kelas Inspirasi
 kegiatan Segilima ini memang kurang optimal melihat kegiatan hanya berlangsung empat bulan dan itupun seminggu sekali, sementara adek-adek kita bersosialisasi setiap waktu. Dari sinilah faktor keluarga benar-benar dibutuhkan.
Untuk melihat salah satu kegiatan KLIK DISINI atau https://www.instagram.com/p/BTguQ_KFsAJ/https://www.instagram.com/p/BTguQ_KFsAJ/


Nah.... setelah kata-kata panjang di atas. Mungkin ada yang tertarik untuk datang dan membantu.... lets check https://m.facebook.com/sahabat.indonesia.berbagi/ atau IGnya @sigijabodetabek





















 


Ini adalah dokumentasi kegiatan dan pelantikan Segilima 2017

0 comments:

Post a Comment