Monday 5 June 2017

KISSING : AKHIR SEBUAH TSURU



AKHIR SEBUAH TSURU

    Kemarin nggak sengaja... gue lihat tergores sebuah nama di ujung bawah pada kertas putih yang kutemukan. “PAINO”.
Wahahahaaaa.....hidup abad berapa nih  yang punya nama?!. Firasat gue sih yang nulis bapak-bapak  jaduro (jadul), kumisan, dan nggak laku... dari kampung  pula. Gue bikin  aja  itu kertas menjadi sebuah tsuru. Gue tempel di kulit pohon yang terletak agak jauh dari jalan utama bareng dengan tsuru-tsuru yang lain.  Ini udah jadi tsuru gue yang ke delapan ratus. Kurang dua ratus agar jadi seribu. Pernah denger legendanya kan kalau bikin seribu tsuru maka permintaan kita akan terkabul. Ah jangan-jangan kalianpun nggak tahu apa itu tsuru?! Okee... jadi... tsuru adalah origami berbentuk burung bangau.
Begini ceritanya.... dari dulu gue tinggal sama kakek. Tapi sekarang kakek sudah meninggal. Dan... kabar sedihnya, sepeda antik pemberian kakek raib ilang. Udah nguber dimana-mana tetep nggak ketemu. Makanya tsuru-tsuru ini jadi harapan terahir gue selain berdo’a kepada Tuhan. Kenapa gue gantungin tsuru di ranting-ranting pohon dan tempelin juga ke seluruh kulit pohon? Ya karena suka saja. Bagus aja tiap lihat origami warna-warni mengelilingi pohon. Pernah sekali hujan lebat dan gue langsung kelimpungan coba menyelamatkan tsuru-tsuruku tersebut. Tapi tetap aja gue nggak kapok. Bodoh ya?? Gue pikir setidaknya rindangnya pohon akan sedikit banyak melindungi harapan gue yang berada pada tsuru tersebut dari gerimis.
      Eh, tapi kok tsuru putih itu bikin gatel mata ya??? Apa karena tulisan kata "Paino"  itu nyembul kelihatan yaa???  Huh, gue buang aja deh. Cabut. Lempar.
         “AU!!!”
  Rupanya itu kertas nyangsang di kepala orang.
    “???” dahi gue mengerut karena awalnya gue  belum nyadar.
  “Burung lu kena kepala gue.” Komplennya sambil ngasih shura.
       “Ha?? Burung gue?" Kerutan kening gue sedikit bertambah tapi, "Ooh, itu tsuru namanya. Maaf nggak sengaja.” langsung gue rebut dan gue taroh sembarangan. Gue sedikit nglirik cowok itu. Ehm.... lumayan juga. Ihihihi.
        Ternyata eh ternyata dia itu rada heran lihat kerjaan gue. Dia ngliatin kumpulan tsuru gue yang bejibun nempel  di sekitar pohon.
   " Kenapa lo liat-liat? Mau ngebantuin?” kata gue dengan sedikit ngarep.
            “ Buat apa bikin sebanyak itu ...?”
    “Bikin permintaan.” jawab gue sambil ngejelasin kronologi kejadian SEPEDA kakek.
    “ Gue kagak bisa bikin yang beginian.” kata dia sambil megang tsuru tadi.
       Guepun berbaik hati ngajarin dia yang ya oloh muanis banget di pupil gue. Gue suruh dia bongkar tsuru jelek tadi. Sambil belajar (cieee blajar....),   dia nanya-nanya kenapa gue dari tadi ngasih embel-embel kata "jelek" melulu pada kertas putih itu. 
    “Habis ada nama Paino disitu.  Nyembul mulu pula. Bikin norak.”
            “Iya sih.... emang norak ...”
       “Tuh kan.... sehati kita. Kayanya orangnya juga culun, jelek, atau bahkan manusia purba. Hahaahaaa.” kata gue sedikit bercanda.
    “Berarti gue manusia purba donk???” 
Gue melotot ke arah dia.
        Lalu  dia  nerusin  omongannya, “Gue  culun  dan  jelek  donk???”
         ALAMAK!!!  “Jad-di lo....yang punya ini kertas??”
      “Ya bukan laaah....”  jawabnya santai. FYUHHH lega deh.
            “Tapi kebetulan banget namanya sama.  Nama  gue  itu.” 
          GLEKKK. Mampus duabelas!! Gue kelabakan. Pengen rasanya lari ke ujung dunia, “ Gggue nggak bermaksud gitu_” pengen kabur rasanya. “Mmmm.... gue cabut dulu yaa.... kakek gue pasti nyariin nih. Daaaaa...” Gue langsung buru-buru pergi dan udah lupa dengan tsuru-tsuru gue walaupun PAINO manggil-manggil gue. Peduli setan, jin, dan cucu-cucunya lah. Udah kepalang malu. Jadi pelajaran hari ini adalah... berkenalanlah dulu sebelum banyak omong dan jangan bawa-bawa orang yang udah meninggal buat jadi alesan.
Dua minggu gue nggak kesitu karena takut ketemu si Paino. Dan sekarang gue pun siap-siap kesana. Semoga aja dia mikir gue pindah atau apalah.
  Alhamdulillah, tu orang nggak ada. Tapi.... Tapi... Tapi.... suerr gue terbelalak lihat pohon tsuru  gue. Salah satu rutinitas gue yang selama satu bulan ini yang kata orang absurd justru dilanjutin sama dia.  Tsurunya beneran nambah banyak. Gue yakin ini kerjaan Paino. Yakin banget. Tapi kemana dia? Apa dia nggak sebel sama gue pasal kejadian dulu? Lalu gue ngliat ke sekeliling. Satu kertas putih lusuh penuh bekas lipatan gue  ambil.

  GUE UDAH NAMBAHIN SERATUS SEMBILAN PULUH SEMBILAN. JADI UNTUK SATU KEKURANGANNYA SILAHKAN BIKIN SENDIRI YA??. SELAMAT MENULIS PERMINTAAN.... SEMOGA TERKABUL ....?! MUNGKIN PAS LO BACA INI GUE UDAH BALIK KE JOGJA. SENENG KENALAN SAMA LO.
-PAINO- YANG JELEK, CULUN, DAN MANUSIA PURBA.


    Tulisan itu  gue baca dengan sangat dan sangat seksama sekali. Nama Paino di ujung bawah kertas itu masih bertengger seperti saat pertama kali kertas itu gue temuin. Bedanya dia menambahkan sedikit coretan kata berupa asumsi gue tentang pemilik nama Paino waktu itu di samping nama tersebut. Gue terkikik bacanya Paino yang  jelek, culun, dan manusia purba. Manusia  purba kok semanis ini....
Segera kubuat satu tsuru terahir dan gue tulis permintaan gue. Bukan untuk sepeda yang hilang. Cukup kutulis AKU INGIN KETEMU PAINO LAGI. Gue pikir... tanpa sepeda itupun kakek akan tetap di hati gue.

0 comments:

Post a Comment